Be Happy :)

Be Happy :)

Kamis, 21 Januari 2016

TUGAS III

Pengertian dan cara kerja Perangkat Jaringan 

 

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Jaringan Komputer LangitKomputer.com

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

Cara Kerja Jaringan Komputer
 
Cara kerja jaringan komputer diawali dengan pengiriman informasi oleh sender yang selanjutnya melalui protokol encode yang diterima oleh receiver mengubah sinyal digital tadi menjadi analog. kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke penerima (receiver).
Dari cara kerja diatas, sebenarnya ada 4 komponen yang berperan utama dalam sebuah jaringan, komponen itu adalah:
Sender perannya adalah sebagai pengirim data informasi
Protokol perannya adalah meng-encode dan men-decode data informasi yang masuk
    Media transmisi atau medium transfer data
    Receiver perannya sebagai penerima data informasi yang dikirim sender
Untuk mempermudah pemahaman kita analogikan percakapan antara orang jepang dan inggris yang sedang chatting melalui internet. Saat orang jepang mengetikkan suatu pesan dalam bahasa jepang maka pesan tersebut akan diubah terlebih dahulu oleh protokol ke dalam bahasa inggris sehingga orang inggris dapat menerima pesan tersebut dalam bahasa inggris dan sebaliknya saat orang inggris membalas pesan orang jepang tersebut maka pesan bahasa inggris akan diubah oleh protokol terlebih dahulu menjadi bahasa jepang sebelum sampai ke orang jepang. Nah protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data atau chattingan kedua orang tersebut. 
 
 sumber: http://www.langitkomputer.com/2015/10/pengertian-jaringan-komputer-fungsi-jenis-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar